Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Batu Saluran Kemih Pada Anak

Pada penyakit batu saluran kemih pada anak, batu menutup leher kandung kemih. Aliran urin pun terhenti dan menetes disertai rasa sakit. Sumbatan ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih karena bakteri tertahan oleh batu. Faktor genetic seperti hipersistinuria (kelebihan asam urat dalam urine) hiperkalsuria (kelebihan kalsium dalam urin) dan hiperloksalouria (kelebihan oksalat dalam urine) dapat menyebabkan batu saluran kemih.

Batu Saluran Kemih Pada Anak
Batu Saluran Kemih Pada Anak

Penyakit Batu Saluran Kemih

Penyebab lain dari batu saluran kemih pada anak adalah lingkungan seperti cuaca panas, yang membuat tubuh kehilangan cairan lewat kulit dan pernapasan. Iklim panas meningkatkan produksi vitamin D3 yang memicu pembuangan kalsium dan oksalat lewat urin. Batu saluran kemih pada anak lebih banyak batu buli-nuli (kandung kemih) datipada batu ginjal. Kejadian batu saluran kemih juga diperngaruhi oleh makanan. Diet tinggi protein hewani menyebabkan kadar kalsium di urin tinggi, hingga beresiko terbentuknya batu. Diet tinggi sayuran resikonya sama. Sayuran menurunkan keasaman (pH) urin, sehingga gampang terbentuk batu asam urat atau sistin, Jadi perlu pola makan seimbang.

Dalam batu saluran kemih pada anak, konsumsi vitamin C dan D dosisi tinggi, atauu minuman soft drink yang tinggi sodium karbonat dalam jangka lama beresiko membentuk batu oksalat. Sementara kurang minum dan infeksi bakteri pemecah urea, dapat membentuk batu struvit (campuran magnesium ammonium fosfat dan kalsium karbonat). Jika berlangsung lama akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal, bahkan gagal ginal. Terapi batu saluran kemih dapat dengan obat, yang bertujuan mengurangi rasa sakit dan melarutkan batu agar keluat saat berkemih. Batu yang dapat larut adalah batu asam urat . Ada terapi penembakan menggunakan gelombang kejut/ extracorporeal shock wave lithotipsy (ESWL), Metode ini dapat menembak semua batu menjadi lebih kecil (<2mm) sehingga dapat keluar bersama urin.

Terapi bedah dilakukan setelah kedua metode gagal. Pembedahan dilakukan pada batu yang sangat besat dan untuk mengoreksi kelainan anatomi. Juga kelainan fungsi saluran kemih. Penderita harus hati-hati karena kekambuhan dapat terjadi misalnya pada penderita hiperkalsiuria walau sudah banyak minum dalam jumlah banyak. Solusinya adalah diet makanan rendah kalsium, seperti susu dan makanan olahannya.

Terapi medic batu saluran kemih berusaha mengeluarkan batu atau melarutkan batu. Pengobatan simptomatik untuk batu saluran kemih mengusahakan supaya nyeri yang ditasakan khususnya pada kolik yang terjadi menghilang dengan pemberian simpatolitik, Selain itu juga, terutama untuk batu ureter yang dapat diharapkan keluar dengan sendirnya, Yang hanya memang dapat dilarutkn adalah dari jenis batu asam urat, Batu struvit tidak dapat dilarutkan tetapi dapat dicegah pembesarannya jika melakukan pengobatan dengan keasaman air kemih dan pemberian antiurease.

Kasus penyakit batu saluran kemih biasanya 3-4 kali lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan oleh wanita. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kadar kalsium air kemih yang dianggap sebagai bahan utama untuk membentuk batu pada wanita lebih rendah tingkatannya dibandingkan oleh laki-laki dan selain itu jga kadar sitrat dari air kemih sebagai bahan untuk menghambat terjadinya pembentukan batu pada wanita biasanya jumlahnya lebih tinggi dibandingkan oleh laki-laki. Penyakit batu saluran kemih biasanya banyak dijumpai pada orang dewasa yang berusia sekitar 30-60 tahun dengan paling rata usianya adalah 42,20 tahun. Usia yang paling banyak menderita batu saluran kemih pada negara barat adalah 20-50 tahuun dan di Indonesia sendiri pada usia 30-60 tahun. Kemungkinan hal ini disebabkan karena adanya suatu perbedaan dari faktor sosial, ekonomi, budaya dan juga akibat cara diet cepat yang mereka terapkan.

Penyakit batu saluran kemih bisa menimbulkan suatu keadaan yang darurat jika batu turun masuk ke dalam sistem kolektivus dan juga bisa menyebabkan terjadinya suatu kelainan sebagai kolektivus ginjal atau juga akibat infeksi yang terjadi di dalam saluran kemih. Dan kelainan ini bisa menyebabkan nyeri akibat dilatasi pada sistem sumbatan dengan suatu peregangan reseptor sakit atau juga iritasi lokal yang terjadi pada dinding ureter dan juga dinding pelvis ginjal yang disertai dengan adanya edema dan pengelepasan dari mediator sakit. Dan sekitar 60-70% batu yang turun dengan spontan ini biasanya juga disertai dengan adanya suatu serangan kolik yang terjadi dengan berulang.

Komplikasi Batu Saluran Kemih

Salah satu komplikasi yang terjadi akibat dari penyakit batu saluran kemih adalah suatu gangguan pada fungsi ginjal yang ditandai dengan kenaikan suatu kadar ureum atau juga pada kreatinin darah, gangguan ini bisa terjadi dengan bervariasi dimulai dari stadium yang ringan hingga munculnya sindroma uremia dan juga terjadinya penyakit gagal ginjal. Dan jika keadaan sudah stadium lanjut maka akan menyebabkan suatu hal yang fatal seperti kematian.

Dan secara garis besar, pembentukan dari penyakit batu salurah kemih ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal yakni adalah faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik ini adalah merupakan penyebab yang asalnya langsung dari dalam individu itu sendiri. Sedangkan faktor ekstrinsik disebabkan karena suatu hal yang berasal dari luar individu misalnya adalah seperti akibat geografis daerah, akibat faktor lingkungan, jumlah air minum, akibat diet, dan juga duduk yang terlalu lama, obesitas atau kegemukan, dan kebiasaan dalam menahan buang air kecil.

Batu Saluran Kemih Pada Anak

garis

Cara Pemesanan Obat Batu Saluran Kemih

Obat Batu Saluran Kemih Herbal, Alami dan Tradisional Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih

Harga Obat Batu Saluran Kemih

Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal
Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal

Harga Obat Batu Saluran Kemih 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami
Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Batu Saluran Kemih:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan GinGin Obat Batu Saluran Kemih, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa