Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Belajar Membaca Al-Quran

Sesungguhnya belajar membaca Al-Quran itu sesuatu yang mudah, tidak ada kata sulit dalam mempelajarinya niat dan tekad belajar sungguh-sungguh sedrta meluangkan waktunya adalah kunci utama untuk sukses membaca Al-Quran dengan baik benar. Allah SWT berfirman “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-qomar : 17, 22 dan 32). Al-Quran mudah diingat, dihafalkan dan dipahami. Tidak ada yang sulit dipahami atau dilaksanakan oleh manusia. Sesungguhnya Allah SWT menghendaki kalimat-Nya tersiar dan sampai pada akal dan pendengaran serta menjadi realitas amal. Al-Quran mudah dihafal oleh lelaki dan perempuan, anak kecil dan dewasa, serta orang kaya dan miskin. Anda tidak akan mengenal kitab selain  Al-Quran yang mudah dihafal. Al-Quran juga mudah karena disampaikan oleh Allah dalam bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh semua orang.

Kalau ada polling bacaan apa yang paling banyak dibaca oleh umat manusia, jawabannya pasti Alquran. Di desa , di kota, saat sukacita maupun dukacita, Alquran dibaca. Ada empat cara yang bisa dilakukan supaya mudah dalam belajar membaca al-Quran. Pertama untuk dapat menguasai Al-Quran Anda hanya perlu tiga hal, mengenal huruf, mengenal harakat, dan mengenal tajwid. Bila ketiga hal tersebut sudah dipahami tinggal melancarkannya dengan berlatih atau banyak membaca.

Ingat perlu dilatih untuk terampil sehingga Anda dapat membaca Al-quran dengan benar dan otomatis: refleks, tidak sambil memikirkan huruf, tanda baca, atau tajdiwnya. Jadi latihan terus dalam belejar membaca al-quran. Kata Nabi kalau Anda belajar membaca Al-quran meskipun terbata-bata dan salah, akan mendapatkan dua pahala. Pahala membaca dan pahala belajar alquran. Kedua unttuk menangkap makna alquran Anda dapat melihat dan memahami terjemahannya atau mempelajari bahasa Arab. Disinilah relevansinya mengapa Umar berkata belajarlah bahasa Arab karena ia merupakan bagian dari islam. Kenapa? Karena sumber-sumber islam yang asli berbahasa Arab. Kalau Anda hanya mengandalkan terjemahan, bagaimana jika penerjemahnya salah atau memiliki misi khusus untuk merusak islam dari dalam? Ketiga untuk dapat menghafal alquran dengan baik, Anda perlu meluruskan niat, membulatkan tekad,  dan merenungkan maknanya. Setelah hafal, sering membacanya, terutama saat menjalankan shalat malam.

Agar hafalan tidak lari Anda harus mengkat terus dan mengulangnya. Dengan hafal Anda akan lebih mudah untuk merenungkannya (setelah memahami isinya). Sekalipun boleh saja menjalankan shalat malam sambil membuka al-quran. Biar berdirinya lebih lama. Keempat untuk dapat dekat dengan Alquran Anda harus mengamalkannya sehingga alquran itu menjadi ruh dan akhlakmu.