Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghitung Masa Subur Alami

Untuk terjadinya kehamilan dibutuhkan proses pembuahan sel telur wanita yang bertemu dengan sel sperma. Namun, tidak setiap saat pembuahan bisa terjadi sebelum masa ovulasi maka dari itu dikenal juga dengan istilah masa subur. Masa subur ini bisa diketahui karena ada cara menghitung masa subur alami. jika mengetahui masa subur maka akan mudah untuk merencanakan kehamilan maupun menunda kehamilan, sebab kemungkinan besar terjadi kehamilan ketika berhubungan intim di masa subur. Untuk itu penting sekali mengetahui masa subur wanita.

Sebelum mengetahui masa subur wanita perlu diketahui siklus haid setiap bulannya. Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda beda sehingga tidak setiap wanita memiliki masa subur yang sama. siklus haid bisa di hitung sejak awal keluar darah haid di hari pertama sampai haid di hari pertama di bulan selanjutnya. Ada siklus haid yang pendek dan ada yang panjang tetapi yang normal siklus haid wanita antara 21 haru sampai 35 hari dan jika terlalu pendek atau lebih panjang kondisi tersebut di kategorikan tidak normal. cara menghitung masa subur alami harus mengetahui siklus haid setiap bulannya maka dari itu bisa menghitung siklus haid dengan menandainya di kalender.

Masa subur terjadi sekitar 12 sampai 16 hari sebelum terjadinya haid untuk itu penting mengetahui siklus haid sehingga masa subur terjadi sekitar hari ke 10 sampai ke 17 setelah haid hari pertama untuk yang memiliki siklus haid 28 hari maka dari itu jika ingin mengetahui masa subur harus mengenal siklus haid. Cara menghitung masa subur alami yang pertama harus mengetahui kapan ovulasi. Masa subur atau masa ovulasi terjadi beberapa hari setelah haid berakhir karena sangat cepat terjadi jika tidak terjadi pembuahan maka akan terjadi haid.

Cara menghitung masa subur alami dengan mengenal baik kapan siklus haid sehingga bisa menentukan terjadinya ovulasi. Masa subur pun sangat cepat terjadi sekitar 12 sampai 24 jam saja waktu sel telur harus dibuahi agar bisa terjadi kehamilan sehingga masa ini disebut dengan masa subur. Cara menghitung masa subur alami yang akurat sebaiknya dengan menganalisa siklus haid selama 8 bulan terakhir sebab siklus haid bisa berubah ubah karena banyak faktor.

Cara menghitung masa subur alami jika memiliki siklus haid 27 hari yang termasuk siklus pendek maka bisa menguranginya dengan 18 dan masa subur di kisaran hari ke 9 dimana masa subur di hari pertama. Untuk cara menghitung masa subur alami pada siklus haid yang panjang yaitu 30 hari maka menguranginya 11 dan hasilnya 19 dimana hari terakhir paling subur. Dengan begitu maka dapat diketahui jika memiliki siklus haid 27 sampai 30 hari maka masa subur antara hari ke 9 sampai hari 19.

Untuk memastikan kapan masa subur jika sudah mencoba cara menghitung masa subur alami maka bisa mengenal ciri ciri masa subur dengan kondisi di saat masa subur dan bukan berbeda seperti berikut :

  • Di saat tubuh memasuki masa subur maka tanda yang paling utama adalah suhu basal tubuh yang meningkat. suhu tubuh normal sekitar 35,5 sampai 36,6 derajat celcius, sedangkan pada masa subur suhu tubuh bisa lebih tinggi. masa dari itu sebaiknya mengukur suhu tubuh setiap pagi hari sehingga dapat diketahui perubahan suhu tubuh. karena jika suhu tubuh meningkat tanda bahwa ovulasi terjadi dalam 1-2 hari terakhir.
  • Tanda masa subur wanita juga bisa di lihat dari cairan keputihan yang dikeluarkan oleh vagina. perubahan pada lendir keputihan dari tekstur yang menjadi lebih kental, basah, dan semi transparan. Karena ada perubahan pada hormon sehingga perubahan lendir ini akan terjadi. di saat masa yang sangat subur maka lendir akan bening, licin, dan juga elastis atau seperti putih telur. Cairan ini akan melindungi sel sperma yang masuk sehingga bertahan hidup sampai ke sel telur.
  • Seperti halnya tanda sebelum haid, masa subur memiliki ciri nyeri ringan pada bagian perut bawah. meskipun tidak dialami oleh setiap wanita kondisi seperti ini tetapi nyeri di bagian perut atau salah satu bagian punggung tanda bahwa sedang terjadinya masa subur.
  • Masa subur wanita juga di tandai dengan meningkatnya libido atau lebih bergairah, lebih bersemangat.

Jika berhubungan intim di saat masa ovulasi maka ada kemungkinan besar terjadinya pembuahan sehingga akan cepat hamil. rahim akan menyiapkan diri pada saat masa subur sehingga menebalkan dinding rahim sehingga jika terjadi pembuahan maka rahim melindungi sel telur yang nantinya akan menjadi janin. Namun, apabila masa subur terlewati sehingga terjadi pembuahan maka dinding rahim akan menipis lagi dengan cara mengeluarkan darah atau meluruhkan dinding rahim dan kondisi seperti ini disebut dengan haid atau menstruasi. Untuk itu apabila ingin merencanakan kehamilan atau pun ingin mencegah kehamilan secara alami maka bisa mencoba cara menghitung masa subur alami sehingga bisa menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan intim.

Cara Menghitung Masa Subur Alami

CARA PEMESANAN OVUTEST SCOPE

Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur

Ovutest Scope Alat Penghitung Masa Subur

Cara baru untuk mengetahui uji masa subur, cukup satu alat untuk seumur hidup! Untuk Merencanakan Atau Menunda Kehamilan

Harga 1 Box Ovutest Scope dilengkapi dengan : 1 alat Ovutest Scope, Baterei, Kain, Buku Petunjuk  = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan Ovutest Scope:

SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Ovutest Scope Jumlah Box, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa