Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Faktor Penyebab Batu Saluran Kemih

Batu saluran kemih atau kencing batu merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya gumpalan kristal mineral yang terjadi didalam sistem saluran kemih. Dan sistem saluran kemih yang termasuk ginjal, ureter atau saluran penghubung ginjal dan juga kandung kencing, kandung kencing dan uretra atau saluran yang menghubungkan antara kandung kencing dan juga dunia luar. Batu saluran kemih terbentuk di ginjal kemudian pindah ke saluran dibawah agar bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. dan batu dengan ukuran diameter lebih dari 3 mm maka akan tersangkut dan menyebabkan sumbatan ureter yang bisa memicu munculnya nyeri hebat, bendungan, dan bahkan beresiko menyebabkan kerusakan ginjal.

Faktor penyebab batu saluran kemih berbeda-beda, antara lain adalah :

  1. Akibat konsentrasi kristal yang tinggi dan pekat didalam air seni atau urine, faktor penyebab batu saluran kemih terjadi adalah karena mengalami dehidrasi atau kurang minum sehingga menyebabkan volume urine menjadi berkurang. Peningkatan pada ekskresi kristal, misalnya adalah karena mengonsumsi kalsium suplemen dalam jumlah yang tinggi, penyakit hiperpartiroid, dan penyakit gout atau asam urat tinggi.
  2. Derajat keasaman atau pH didalam urine. Faktor penyebab batu saluran kemih juga bisa diakibatkan karena tingkat asam yang tinggi didalam urine. Normalnya pH urine adalah sekitar 5,85. Dan jika urine terlalu asam kurang dari 5,5 maka akan memicu terjadinya pengendapan batu oksalat dan asam urat, sebaliknya adalah jika kadar pH urine yang terlalu basa lebih dari 7,2 maka akan menyebabkan pengendapan kristal sitruvit didalamnya.
  3. Faktor penyebab batu saluran kemih yang selanjuntya adalah akibat gangguan pada aliran urine sehingga menimbulkan bendungan dan juga pendengapan, dan antara lainnya adalah kelainan bawaan.
  4. Faktor penyebab batu saluran kemih karena kurangnya inhibitor antara lain adalah akibat sitrat yakni zat yang bisa menghambat terjadinya pembentukan batu.

Gejala yang muncul pada penyakit batu saluran kemih biasanya tergantung dari lokasi dan juga ukuran batu. Batu di ginjal yang biasanya tidak menyebabkan munculnya gejala, keluhan biasanya hanya berbentuk nyeri atau sakit punggung. Dan jika batu berpindah ke arah ureter, maka akan menimbulkan gejala renal colic seperti :

  1. Nyeri yang hebat dibagian punggung dan dibawah iga
  2. Nyeri yang hilang timbul atau terasa bergelombang
  3. Nyeri yang meluas dan melebar ke perut bawah, paha, dan juga pada daerah sekitar alat kelamin.
  4. Nyeri saat sedang buang air kecil
  5. Keinginan buang air kecil yang sering
  6. Warna air kencing agak merah muda, merah, dan kecokelatan.
  7. Air kencing menjaid keruh dan berbau
  8. Mual dan muntah
  9. Demam yang disertai dengan adanya infeksi.

selain faktor penyebab batu saluran kemih diatas, dibawah ini adalah beberapa faktor resiko terjadinya penyakit batu saluran kemih :

  1. Faktor keturunan
  2. Pria, untuk 80% kasus biasanya lebih banyak terjadi pada pria
  3. Obesitas atau kelebihan berat badan
  4. Kurang minum
  5. Diet tinggi protein hewani
  6. Diet tinggi sodium
  7. Intake suplemen dengan kandungan kalsium yang tinggi
  8. Dan beberapa penyakit tertentu yang mendasarinya seperti hiperpartiroid, renal tubular acidosis, kista ginjal dll.

Untuk membantu mengatasi masalah batu saluran kemih yang Anda alami, maka kami berikan resep untuk membantu mengatasi batu saluran kemih seperti dibawah ini :

  1. Ramuan 1
    Ambillah bahan-bahan seperti temulawak sebesar telur ayam 1 biji, daun tempuyung sebanyak 7 lembar, daun kumis kucing sebanyak 1 genggam, dan pohon meniran 4 batang. Cara meramu ramuan ini adalah cucilah semua bahan hingga bersih. Kemudian semua bahan dipotong kecil-kecil. Dan untuk temulawak sebaiknya di iris tipis-tipis. Rebuslah dengan 4 gelas air sampai yang tersisa adalah 2 gelas, kemudian angkatlah dari api, dan setelah itu saring kemudian didinginkan. Aturan minumnya adalah diminum 3 kali sehari dengan masing-masing aturan minumnya adalah ½ gelas.
  2. Ramuan 2
    Ambillah daun kumis kucing sebanyak 1 genggam, daun keji beling sebanyak 7 lembar, pohon meniran 3 batang, dan kunyit 2 jari. Cara meramu ramuan ini adalah cucilah semua bahan hingga bersih, kemudian semua bahan tadi dipotong kecil-kecil, dan untuk kunyitnya sendiri dipotong tipis-tipis. Kemudian rebus dengan 4 gelas air. Biarkan sampai yang tersisa adalah 3 gelas saja. Setelah itu dinginkan. Dan minumlah 3 kali sehari dengan dosis sekali minumnya adalah ½ gelas.

Selain dengan mengonsumsi ramuan diatas, hal yang harus dilakukan dalam mencegah batu saluran kemih adalah ;

  1. Minumlah banyak air putih, minumlah 2,5 liter air putih dalam sehari.
  2. Membatasi asupan kalsium, karena biasanya tubuh kita tidak bisa menyerap kalsium melebihi jumlah yang diharuskan. Tetapi, untuk kondisi tertentu, kalsium memang diperlukan.
  3. Membatasi asupan oksalat karena oksalat dapat menyebabkan pembentukan kristal dari penyebab batu ginjal. Oleh sebab itulah, agar komplikasi akibat batu saluran kemih tidak terjadi sebaiknya jagalah asupan oksalat Anda.

Itulah informasi mengenai Faktor Penyebab Batu Saluran Kemih, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Faktor Penyebab Batu Saluran Kemih

garis

Cara Pemesanan Obat Batu Saluran Kemih

Obat Batu Saluran Kemih Herbal, Alami dan Tradisional Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih

Harga Obat Batu Saluran Kemih

Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal
Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal

Harga Obat Batu Saluran Kemih 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami
Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Batu Saluran Kemih:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan GinGin Obat Batu Saluran Kemih, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa