Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih

Batu yang terdapat di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) yakni batu yang terdapat dan terbentuk di dalam saluran kemih yang dapat menimbulkan rasa sakit seperti nyeri, perdarahan, penyumbatan pada aliran kemih atau infeksi.

Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih
Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih

Batu Saluran Kemih

Batu yang terdapat di dalam saluran pembuangan air kemih ini tidak hanya terdapat di dalam saluran kandung kemih namun bisa terdapat di dalam ginjal yang menjadi batu ginjal dan di dalam kandung kemih yang disebut dengan batu kandung kemih. Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Adanya penyakit batu di saluran kemih ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih yang awalnya dapat didasari oleh sebab dari pola hidup yang meliputi asupan makanan yang salah, gaya hidup yang tidak seimbang dengan olahraga yang tidak teratur dan kurangnya konsumsi air putih.

Secara medis, Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih terbentuknya batu dapat terjadi karena disebabkan oleh air kemih yang banyak mengandung garam atau sodium tinggi yang kemudian membentuk batu atau karena air kemih kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal.

Batu yang terbentuk di dalam saluran kemih ini terdiri dari beberapa komposisi yang sekitar 80% terdiri dari kalsium, dan sisanya batu kemih tersebut mengandung dari berbagai jenis bahan yang termasuk asam urat, sistin dan mineral struvit. Batu struvit ini juga terbentuk dari berbagai macam komponen yang terdiri dari campuran magnesium, amonium dan fosfat. Batu struvit ini juga disebut dengan batu infeksi karena hanya terbentuk bila air kemih terinfeksi.

Ukuran batu pada saluran kemih atau batu yag terdapat di dalam ginjal memiliki ukuran bervariasi, untuk batu yang berukuran besar sekitar 2,5 cm atau lebih dan dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan apapun. Apabila batu kemih atau batu ginjal yang sudah membesar akibat penangganan dan pengobatan yang terlambat maka batu kemih akan hidup hampir di seluruh bagian pelvis renalis dan kalises renalis.

Gejala Batu Saluran Kemih

Pada penderita batu saluran kemih, biasanya hanya menimbulkan gejala kecil yang tidak begitu dirasakan, namun perlahan sakit batu kemih akan mulai menunjukkan gejala yang dapat dirasakan seperti :

– Pegal-pegal / nyeri pada pingang yang dapat menjalar ke perut bagian depan, dan lipatan paha hingga kemaluan.
– Buang air kecil berdarah
– Buang air kecil berpasir
– Nyeri pada saat buang air kecil atau infeksi saluran kemih
– Kadang-kadang disertai demam

Batu kemih yang masih berukuran kecil umumnya tidak menunjukkan gejala yang signifikan, namun perlahan seiring berjalannya waktu dan perkembangan batu di saluran kemih yang semakin berkembang kemudian akan menimbulkan gejala seperti rasa nyeri di perut pada bagian bawah.

Batu kemih yang menyumbat di bagian ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis juga dapat mengakibatkan rasa nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat). Kolik renalis ini ditandai dengan rasa nyrei yang sangat berat yang terkadang rasa itu mudah hilang dan muncul kembali, kolik renalis ini biasanya menyerang pada bagian antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang dapat menjalar hingga ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam.

Gejala umum lainnya yang dapat dirasakan adalah perut mual dan muntah, perut mengelumbung, badan demam, tubuh terasa menggigil seperti orang kedinginan, terkadang air kemih bercampur dengan darah. Umumnya penderita batu saluran kemih akan merasakan rasa ingin selalu berkemih, terutama ketika batu melintasi ureter.

Batu yang tumbuh didalam saluran kemih dapat menyebabkan infeksi. Jika batu menyumbat jalannya aliran kemih maka bakteri akan terjebak di dalam air kemih yang menimbun diatas sumbatan tersebut yang kemudian menyebabkan infeksi.

Jika saluran kemih telah lama tersumbat, maka air kemih akan balik mengalir dan masuk ke saluran di dalam ginjal, kemudian ginjal akan mengalami penekanan yang membuat ginjal menggelembung (hidronefrosis) yang pada akhirnya mengakibatkan hal yang sangat fatal pada kerusakan pada ginjal.

Penyebab Batu Saluran Kemih

Berikut ini penyebab umum dari penyakit batu saluran kemih :

  • Kurang minum
  • Cara Diet cepat banyak mengandung kalsium atau oksalat
  • Kadar asam urat darah yang tinggi
  • Sumbatan pada saluran kemih
  • Riwayat keluarga menderita saluran kemih
  • Pekerjaan banyak duduk/kurang aktifitas
  • Faktor lingkungan

Penderita penyakit batu saluran kemih di RS Cipto Mangunkusumo mengalami peningkatan dari 32,8% dengan kasus urologi di tahun 2003 menjadi 35,4% yang berasal dari kasus urologi pada tahun 2004 dan mengalami peningkatan kemudian menjadi 39,1% pada tahun 2005. Selain itu, biaya dari pengobatan penyakit batu saluran kemih terbilang cukup tinggi. Sebagai salah satu contoh di salah satu rumah sakit meliputi sewa kamar operasi, penggunaan alat dan juga obat di kamar bedah, pembiusan serta jasa operasi bisa mencapai Rp. 900.000,- sampai Rp. 4.385.000 dan itupun belum termasuk dengan biaya perawatan, pemeriksa penunjang yang dilakukan, biaya konsultasi dan ibat yang diberikan sebelum serta setelah melakukan tindakan serta biaya lainnya bisa diperkirakan sekitar 2-3 kali dari biaya operasi.

Gejala dan Penyebab Sakit Batu Saluran Kemih

garis

Cara Pemesanan Obat Batu Saluran Kemih

Obat Batu Saluran Kemih Herbal, Alami dan Tradisional Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih

Harga Obat Batu Saluran Kemih

Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal
Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal

Harga Obat Batu Saluran Kemih 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami
Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Batu Saluran Kemih:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan GinGin Obat Batu Saluran Kemih, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa