Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Herpes Simpleks

Herpes simpleks adalah erupsi vesikula pada kulit dan membran mukosa yang disebabkan oleh virus herpes.

Herpes simpleks disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV) adalah sejenis penyakit yang menjangkiti mulut, kulit, dan alat kelamin. Penyakit ini menyebabkan kulit melepuh dan terasa sakit pada otot di sekitar daerah yang terjangkit.Hingga saat ini, penyakit ini masih belum dapat disembuhkan, tetapi dapat diperpendek masa kambuhnya.

Herpes Simpleks
Herpes Simpleks

Etiologi herpes simpleks

Ada dua tipe virus herpes yang memiliki antibodi reaksi silang, yakni :

  1. Tipe 1 hampir selalu nongenital. Infeksi primer biasanya terjadi pada bayi sampai prapubertas.
  2. Tipe 2 hampir selal mengenai genital. Infeksi primer biasanya terjadi setelah masa pubertas dalam tahun-tahun aktif secara seksual.
  3. Terdapat beberapa penyilangan kasus. Sekitar 15% herpes tipe 1 mengenai genital dan 15% herpes tipe 2 mengenai oral.

Herpes simpleks penyebabnya adalah virus herpe simpleks I (daerah kepala) dan virus herpes II (daerah kelamin). Herpes simpleks I, terjadi kalau ketularan orang yang sedang menderita penyakit tersebut. Umumnya mengenai mata dengan gejala seperti sakit mata biasa, merah, tapi sakit sekali. Atau bibir, berupa gelembung-gelembung kecil berisi air atau luka-luka kecil radanya sangat nyeri.

Herpes simpleks II disebut sebagai herpes genital (kelamin) ditularkan melalui hubungan kelamin dengan orang yang menderita penyakit ini. Gejalanya berupa luka-luka kecil yang sangat nyeri di daerah kelamin. Bisa menyebabkan kecacatan bila terjadi pada bayi kalau diderita pada saat bayi masih dalam kandungan.

Herpes simpleks ini kambuh-kambuhan, karena virusnya terkadang muncul dan terkadang bersembunyi. Sering tidak bisa dimatikan oleh obat bila virus telanjur menjalar dan bersembunyi ke dalam sel. Virus menjadi aktif dan keluar dari tempat persembuyiannnya jika daya tahan tubuh turun.

Penularan herpes simpleks

Herpes simpleks ini mudah sekali ditularkan melalui hubungan seksual, kontak langsung dengan penderita, pemakaian akan suatu benda yang digunakan secara bersama-sama seperti sikat gigi, handuk, sabun, peralatan makan dsb.

Virus herpes simpleks ini mulai aktif menyebarkan virusnya berupa lepuhan kecil dengan partikel yang mengandung cairan virus dan bakteri yang mulai menyebar 2-21 hari. Virus ini sulit untuk dimatikan, namun gejalanya dan penyebarnya dapat dikendalikan.

Cara penularan dari penyakit herpes kulit simpleks adalah melalui orang ke orang dengan cara kontak langsung pada daerah tubuh yang mengalami infeksi. Penularan yang terjadi walaupun tidak ada luka herpes yang sifatnya terbuka. Dan lagipula sebagian besar dari penderita herpes kulit simpleks tidak mengetahui dirinya mengalami infeksi dan tidak sadar bahwa mereka bisa menyebarkan virus herpes kulit simpleks ini. Di Amerikan Serikat, hanya sekitar 9% saja orang yang mengetahui bahwa dirinya terserang penyakit herpes kulit simpleks.

Cara mengobati penyakit herpes simpleks adalah dengan menggunakan asiklovir dalam bentuk pil yang jumlahnya diminum 2 sampai 5 kali dalam sehari. Ada juga asiklovir versi yang lainnya yang diberi nama dengan valasklovir. Valasklovir bisa dminum 2-3 kali dalam sehari, namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan asiklovir yang diminum 2-5 kapsul dalam seharinya. Fasiklovir merupakan jenis obat lain yang bisa dipakai untuk membantu mengobati penyakit herpes simpleks. Dan suatu penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan dari asiklovir atau juga vasiklovir bisa mengurangi viral load HIV dan bisa membantu melambatikan kelanjutan dari penyakit.

Namun, harus Anda ketahui bahwa obat ini tidak bisa menyembuhkan penyakit HSV. Karena penyakit herpes kulit simplek hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa jenis obat yang bisa membantu mengobati secara tuntas. Namun, obat ini bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi lama dan juga berat dari jangkitan yang terjadi. Biasanya dokter akan meresepkan terapi rumatan atau terapi antiherpes harian untuk Odha yang sering mengalami jangkitan pada penyakit herpes kulit simpleks ini. Terapi ini bisa mencegah sebagian besar terjadinya jangkitan. Dan terapi ini juga bisa membantu untuk mengurangi jumlah hari di dalam bulan waktu herpes simpleks bisa terdeteksi pada kulit atau juga pada selaput mukosa dan bahkan tidak ada gejalanya sekalipun.

Penyakit herpes kulit simpleks bisa dicegah dengan menggunakan kondom. Namun penggunaan kondom tidak menjamin bisa mencegah terjadinya semua penularan. Infeksi dari herpes bisa menular dan bisa ditulari melalui daerah kelamin yang agak luas dan lebih luas dibandingkan dengan tutup oleh celana dalam dan juga dari daerah mulut. Jika kita terserang herpes dan minum obat asiklovir setiap hari, maka kita bisa membantu untuk mengurangi resiko dari terjadinya penularan herpes pada orang lain. Para peneliti saat ini juga mencari vaksin untuk membantu mencegah penyakit herpes simpleks. Dan satu calon vaksin yang menunjukkan hasil yang baik pada herpes simpleks tipe2 pada perempuan, namun tidak pada laki-laki.

Herpes Simpleks

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim LengkapĀ ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )