Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengatasi Balita Susah Makan

Pada usia balita memang termasuk masa bermainnya. Di usia balita kini, anak kadang lebih tertarik pada mainan jika di sandarkan dengan makanan. Perlu usaha yang khusus untuk menghadapi ini. Dan jangan menyepelehkan ketika balita susah makan yang tentunya bisa menghambat perkembangan terhambat. Melihat balita susah makan, pasti menjadikan kegelisahan orang tua. Selain rasa takut atau khawatir akan kebutuhan nutrisi yang tak terpenuhi pada tubuh anak, jika mengalami susah makan yang bisa membuat tumbuh kembang terjadi perlambatan. Di sinilah peran orang tua harus tahu, akan cara mengatasi balita susah makan.

Mengatasi Balita Susah Makan

Salah satu, kita untuk mengatasi balita atau anak susah makan adalah meningkatkan keterampilan makan anak sehari-hari, yang di mulai dari 6 bulan sampai 3 tahun. Ada beberapa faktor yang bisa membuat anak atau balita susah makan. Bukan hanya kebiasaan, budaya, tingkat ekonomi atau umur. Obat-obatan yang bisa di konsumsi kadang juga bisa membuat anak susah makan. Berikut adalah pemicu mengapa balita susah makan yang tertera di bawah ini.

  • Tak pernah benar-benar lapar
  • Mulai punya selera terhadap rasa
  • Bosan tekstur yang halus dan campur aduk
  • Munculnya sikap negativistik
  • Mulai cari perhatian
  • Mulai eksplorasi ke mana-mana
  • Sedang sakit
  • Kebanyakan di beri cemilan manis dan gurih

Cara Mengatasi Balita Susah Makan

  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan memberi anak asupan makanan yang sesuai dengan usia dan perkembangan tubuhnya. Beri porsi yang cukup bukan berlebih, jika anak merasa kurang ia boleh minta tambah.
  • Agar anak tidak cepat bosan, variasikan menu, rasa, ragam dan penyajian hingga menarik.
  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan Makanan yang pada gizi dan kaya akan energi lebih baik dari pada kudapan yang akan membuat anak cepat kenyang.
  • Jadwalkan waktu yang tepat untuk memberikan makan dan camilan. Untuk camilan, Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai pilihan camilan sehat.
  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan membuat acara makan menjadi saat yang menyenangkan untuk anak.
  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan yaitu Latihlah kemandirian anak agar bisa makan sendiri. Berikan kepercayaan dan dukungan agar ia merasa percaya diri dan mampu makan sendiri.
  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan Berikan anak variasi jenis makanan yang baru dengan porsi secukupnya. Jika ia mulai terbiasa, Anda bisa menambah porsi dan mencari variasi lain agar ia tidak merasa bosan dan senang dengan pengalaman mengenal makanan baru.
  • Jangan memburu anak agar makan dengan cepat.
  • Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan Usahakan untuk selalu menawarkan makanan. Jika ia menolak suatu makanan, boleh jadi sebetulnya ia suka makanan tersebut, namun ia memerlukan sedikit dorongan yang memotivasinya untuk bisa menjadi lebih tertarik dengan makanan tersebut.
  • Pastikan makanan kesukaan anak kaya akan gizi dan nutrisi yang penting untuk tubuhnya.
  • Kenalkan anak beragam jenis makanan sejak usia dini agar ia selalu memiliki selera makan yang baik.

Selain cara mengatasi balita susah makan ada juga bagaimana cara membujuknya agar mau makan

  1. Makan setelah mandi : Air hangat membuat peredaran darah lebih lancar, serta memicu rasa lapar. Bayi susah makan bisa jadi lebih bernafsu makan setelah ia mandi.
  2. Membuatnya melihat ke atas: Gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, masukkan sendok berisi makanannya.
  3. Ringtone HP : Bunyikan ringtone HP dan pegang HP agak tinggi sehingga bayi melihat ke atas sambil membuka mulut.
  4. Mainan berbunyi: Bayi di dudukan di kursi makan bayi, lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan dengan mainan yang ada, gantinya dengan mainan yang lain.
  5. Mainan yang berbunyi akan lebih menarik perhatian sang bayi, ketika ia lengah maka lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.
  6. Tayangan film kartun: Bayi duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, agar nantinya ia membuka mulut tanpa sadar saat didekatkan sendok ke mulutnya.
  7. Untuk bayi yang senang menggigit benda di sekitarnya, berikan mainan yang bisa digigit (mainan harus aman dan bersih) guna memancing gigitannya. Sehingga ketika bayi siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.
  8. Dekatkan dengan hidangan yang harum yang mengepulkan asap. Keharuman masakan dapat menggugah bayi agar mau makan.
  9. Menyuapi dengan tangan jika bayi sering menolak saat disuapi dengan sendok.
  10. Makan bersama : Bayi bisa tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Anda sambil makan ketika menyuapinya.
  11. Bisa juga dengan meminta bantuan orang lain untuk makan di hadapan bayi. Anda harus sigap menyuapinya ketika bayi mulai menganga karena ‘latah’ melihat orang lain menyuap makanan.
  12. Tepuk tangan : Cara ini butuh bantuan orang lain untuk bertepuk tangan sambil berkata, “Horeeeee”, sementara Anda menyuguhkan sendok berisi makanan ke mulut si bayi. Jika tidak berhasil, coba lebih banyak orang yang bertepuk tangan dan menyebutkan “horeee”.
  13. Air putih : Kadang bayi menutup mulut setelah beberapa suapan. Cobalah tawarkan air putih sedikit, lalu berikan lagi suapan berikutnya. (BY:DA).

Mengatasi Balita Susah Makan

Cara Pemesanan Vitamin Balita Susah Makan

Harga Vitamin Balita Susah Makan

Jual Vitabumin Untuk Balita Susah Makan

Harga Vitabumin Untuk Balita Susah Makan 1 Botol isi 130ml = Rp.95.000

Cara Pemesanan Vitamin Balita Susah Makan :

SMS ke 0852-1617-3268, tuliskan : Pesan Vitabumin, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank apa