Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengatasi Kesemutan

Kesemutan merupakan istilah untuk kondisi tangan atau kaki yang mengalami mati rasa dan bisa disertai dengan rasa tidak nyaman seperti tertusuk tusuk. Kesemutan ini bukan kondisi yang jarang, bahkan hampir setiap orang pernah mengalami kesemutan. kesemutan juga memiliki istilah medis Parestesia . ada jenisnya juga, yang menjadi pembedanya adalah durasi terjadinya kesemutan. untuk jenis kesemutan yang umum dialami ialah kesemutan temporer yang hanya sebentar saja tanpa pengobatan khusus bisa sembuh atau hilang dengan sendirinya tetapi beda halnya dengan kesemutan kronis yang berlangsung lama bahkan sering terulang. Oleh karena itu kesemutan yang berlangsung lama ini yang membuat tidak nyaman. meskipun kesemutan gangguan yang ringan tetapi jika terus menerus berulang pun sangat tidak baik. jadi ada baiknya jika mengenal lebih dalam lagi tangan kesemutan agar diketahui penyababnya dan juga mengetahui cara untuk mengatasi kesemutan sehingga tidak lagi merasa terganggu dengan terjadinya kesemutan.

Kesemutan terjadi apabila ada saraf yang tertekan sehingga darah dan oksigen tidak mengalir dengan baik ke saraf yang tertekan tersebut. Umumnya kesemutan terjadi pada bagian kaki dan juga pada bagian tangan tetapi ada juga kepala kesemutan. posisi yang sering kali menyebabkan kesemutan seperti duduk dengan kondisi di lipat, berdiri lama atau pun jongkok karena pada saat tersebut darah tidak bisa mengalir dengan baik ke arah kaki, begitu pun posisi yang membuat tangan tertekan pada bagian sarafnya sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kesemutan bisa sering kali terjadi di bagian kaki atau pada bagian lainnya, seperti berikut :

  • Kesemutan bisa dialami karena disebabkan oleh kondisi tubuh yang mengalami masalah pada peredaran darah. peredaran darah yang tidak berjalan dengan baik pada bagian tubuh tertentu karena melakukan gerakan tertentu bisa menyebabkan kesemutan.
  • Kondisi yang juga bisa menyebabkan kesemutan juga ketika tubuh mengalami kekurangan asupan nutrisi dan mineral. Kekurangan vitamin B1, B6, B12, E, atau Niasin atau kelebihan vitamin D juga bisa menyebabkan kesemutan.
  • Dehidrasi pun salah satu faktor penyebab kesemutan karena ketika kurang minum bisa menghambat peredaran darah sehingga tidak berjalan dengan baik dan mengakibatkan kesemutan di saat kondisi seperti ini.
  • Sering kali juga kesemutan bisa dikarenakan oleh penyakit Raynaud. Penyakit ini menyebabkan gangguan peredaran darah terlebih pada saat suhu dingin atau ketika penderitanya sedang stress.
  • Efek samping obat obatan juga salah satu faktor penyebab terjadinya kesemutan. tidak semua jenis obat bisa memicu kesemutan tetapi biasanya pada jenis obat yang digunakan untuk pengobatan kanker, antibiotik, obat anti kejang dan juga obat untuk penyakit hiv.
  • Pemicu kesemutan lainnya bisa dikarenakan oleh paparan zat kimia yang beracun. zat beracun terkait, misalnya merkuri, talium, timbal arsenik beberapa jenis zat yang bisa memberikan dampak kesemutan.
  • Kesemutan yang cukup sering juga bisa jadi tanda penyakit serius seperti penyakit stroke, penyakit diabetes, penyakit hati, penyakit diabetes, saraf terjepit dan masih banyak lagi.

Mengatasi Kesemutan

Terjadinya kesemutan bisa dikarenakan peredaran darah yang tidak berjalan dengan baik tetapi juga bisa tanda bahwa adanya suatu penyakit tertentu maka dari itu ada baiknya jika melakukan pemeriksaan jika memang kesemutan sering kali terjadi, pemeriksaan yang dilakukan ialah pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, tes MRI, dan biopsi saraf. Jika memang bukan disebabkan oleh adanya penyakit maka ada beberapa cara untuk mengatasi kesemutan. berikut cara untuk mengatasi kesemutan :

  • Mengatasi kesemutan dengan peregangan

Tidak perlu khawatir jika mengalami kesemutan karena ada banyak cara mengatasi kesemutan seperti melakukan peregangan. Peregangan di sekitar bagian yang kesemutan agar membantu peredaran darah berjalan dengan lancar lagi sehingga kesemutan akan membaik secara perlahan lahan.

  • Mengatasi kesemutan dengan banyak minum

Salah satu cara untuk mengatasi kesemutan juga bisa dengan banyak minum. ketika kekurangan minum atau mengalami dehidrasi pun kesemutan bisa terjadi untuk itu ada baiknya jika banyak minum agar membantu darah untuk mengalir lagi dengan lancar. Di sarankan untuk minum sebanyak 2 liter per hari dan juga hindari minuman mengandung alkohol.

  • Mengatasi kesemutan dengan asupan makanan sehat

Asupan makanan sehat juga cara untuk mengatasi kesemutan juga. kekurangan makanan mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh tidak baik untuk keseimbangan tubuh dan salah satu dampaknya pun juga bisa menyebabkan kesemutan jadi di sarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari akanan sehat.

  • Mengatasi kesemutan dengan olahraga

Jika tidak ingin sering kesemutan, maka mengatasi kesemutan yang baik ialah olahraga. Berolahraga secara teratur agar tubuh sehat dan darah bisa mengalir lancar keseluruh tubuh sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya kesemutan lagi.

  • Mengatasi kesemutan dengan pola hidup sehat

Pola hidup sehat, dengan berhenti merokok dan juga tidak lagi minum alkohol juga bagus untuk mengatasi kesemutan karena dampak dari pola hidup tidak sehat bisa menyebabkan kesemutan bahkan gangguan kesehatan lainnya. (By:RM)

Mengatasi Kesemutan

Cara Pemesanan Obat Kesemutan Propolis

Untuk Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami

Harga Obat Kesemutan Propolis 1 botol isi 6ml = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan Cepat: SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan : Pesan Obat Kesemutan Propolis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap