Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pencegahan Telinga Berdenging

Telinga merupakan bagian tubuh yang termasuk panca indra untuk menangkap suara yang akan di terjemahkan oleh otak sehingga akan menjadi informasi yang di simpang. Ada berbagai macam gangguan kesehatan pada telinga apabila tidak di jaga dengan baik kesehatannya untuk itu sangat lah penting menjaga kesehatan telinga. Salah satu masalah dengan telinga yang bisa dialami adalah telinga berdenging. Telinga berdenging adalah suatu kondisi dimana telinga mendengar suara dari dalam seperti siulan atau pun atau bising seperti mesin.

Telinga berdenging sebenarnya gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi sebab hampir setiap orang pernah mengalaminya. kondisi yang normal jika telinga berdenging beberapa saat saja kemudian bisa kembali normal. namun, apabila telinga berdenging berlangsung lama tidak kunjung hilang yang perlu di khawatirkan. Sebab lama kelamaan mendengar dengingan pun akan mengganggu konsentrasi sehingga tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Untuk itu lah mengenal lebih baik apa saja yang dapat menyebabkan telinga berdenging agar bisa di antisipasi juga.

Telinga berdenging juga dikenal dengan Tinnitus dan ada dua kondisi yang bisa terjadi. ada Tinnitus subjektif yang kondisinya suara dengingan hanya bisa di dengar sendiri. Penyebab utama keadaan yang seperti ini bisa dikarenakan ada masalah di bagian telinga dalam, tengah atau pun di bagian tengah. Bisa juga ada masalah pada saraf yang menghubungkan ke otak sebab di dalam telinga memang ada begitu banyak saraf. Namun, ada juga Tinnitus objektif yaitu suara dengingan bukan hanya bisa di dengar sendiri tetapi juga bisa di dengar oleh orang lain. untuk banyak kasus yang banyak terjadi ialah telinga berdenging subjektif.

Apa pun jenis telinga berdenging yang dialami ada beberapa faktor risiko yang perlu diketahui yang salah satunya mungkin dialami. berikut beberapa pemicu telinga berdenging :

  • Telinga berdenging paling sering disebabkan oleh suara yang begitu keras. Jadi telinga berdenging bisa dialami setelah mendengar suara yang begitu keras dan kondisi seperti ini bisa berlangsung lama. dampak menggunakan headset yang begitu besar volumenya atau pun dikarenakan pengeras suara di tempat yang bising.
  • Telinga berdenging pun juga bisa dialami akibat efek samping dari obat. ada yang mengalami telinga berdenging sebab efek samping dari obat obatan yang digunakan. Jenis obat yang bisa memicu telinga berdenging ada antibiotik, aspirin, dan kina.
  • Telinga berdenging yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Jika pola makan buruk tentunya tubuh bisa kekurangan nutrisi dan ada banyak efek dari kekurangan nutrisi terutama kekurangan zat besi bisa memicu telinga berdenging dan juga penyakit anemia.
  • Telinga berdenging bisa disebabkan oleh infeksi telinga.
  • Telinga berdenging dikarenakan faktor kebersihan telinga yang kurang di perhatikan sehingga ada masalah dengan pendengaran.

Pencegahan Telinga Berdenging

Risiko untuk mengalami telinga berdenging biasanya lebih besar pada orang orang di usia lanjut sebab semakin bertambahnya usia maka akan semakin menurun juga fungsi tubuh termasuk pendengaran. Bisa juga faktor kesehatan medis seperti masalah dengan peredaran darah yang tidak lancar, tekanan darah tinggi, penyakit meniere yang juga menyebabkan vertigo, dan yang paling parah karena ada masalah di bagian otak seperti tumor.

Karena ada banyak pemicu telinga berdengung maka dari itu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan agar dapat di pastikan apa yang bisa memicu telinga berdengung. Jika memang disebabkan oleh penyakit serius maka bisa diobati dengan cepat agar penyakit terkait tidak semakin parah dan telinga berdenging bisa membaik. ada tidak kambuh maka ada pencegahan telinga berdenging yang bisa dilakukan. berikut pencegahan telinga berdenging :

  • Pencegahan telinga berdenging dengan pola hidup sehat

Dampak buruk dari pola hidup yang tidak sehat bisa mengalami berbagai macam penyakit termasuk telinga berdenging. Untuk itu pencegahan telinga berdenging maka bisa menerapkan pola hidup sehat. makan makanan sehat agar tidak kekurangan nutrisi dan juga menjaga kadar kolesterol agar tidak ada masalah dengan peredaran darah yang bisa memicu telinga berdenging.

  • Pencegahan telinga berdenging dengan melindungi telinga

Terkadang berada di tempat yang sangat bising dan tidak bisa di hindari terlebih jika memang faktor pekerjaan. Maka dari itu agar tidak ada masalah dengan pendengaran maka pencegahan telinga berdenging bisa dengan melindungi telinga menggunakan earplug.

  • Pencegahan telinga berdenging dengan menjaga kebersihan telinga

Banyaknya kotoran pada telinga bisa menyebabkan telinga tersumbat dan hal ini tidak lah baik. jadi pencegahan telinga berdenging dianjurkan untuk menjaga kebersihan telinga dengan selalu membersihkan tetapi jangan menggunakan benda asing yang tajam akan lebih baik jika mengunjungi spesialisnya seperti THT.

  • Pencegahan telinga berdenging dengan mengontrol stress

Stress atau di saat kondisi psikologis yang kurang baik bisa memicu telinga berdenging juga oleh sebab itu mengontrol stress dan meredakan stress sebagai pencegahan telinga berdenging.

  • Pencegahan telinga berdenging dengan kurangi penggunaan earphone

Jika memang sering menggunakan earphone sebaiknya dikurangi sebab jika digunakan secara berlebihan pun tidak baik. kurangi volume earphone agar tidak terlalu keras sehingga telinga tetap berfungsi dengan baik. (By:RM)

Pencegahan Telinga Berdenging

Cara Pemesanan Obat sakit Telinga Alami
Mengatasi Berbagai Gangguan Sakit Telinga dan Membantu Menormalkan Pendengaran

Obat Telinga Berdenging

Obat Sakit Telinga THM 3 botol @ 12ml = Harga Rp.115.000/3 botol

Cara Pemesanan Obat Sakit Telinga: SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Tetes Telinga THM, Jumlah Botol (Minimal order 3 botol), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk Menentukan Ongkos Kirim)