Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Batu Saluran Kemih

Penyebab batu saluran kemih adalah dehidrasi akibat kurang minum dan lingkungan yang panas (bersuhu tinggi) menyebabkan urine mengental, dan mengendapkan batu (garam kalsium oksalat, fosfat dan urat). Hal ini merupakan resiko tambahan pada mereka yang kurang bergerak dan mempunyai pola makan yang buruk, dengan akibat terjadi kelebihan  kalsium (hypercalcuria) di dalam darah. Hal lain batu saluran kemih dan ginjal  dapat terjadi karena infeksi dan kelainan homon paratiroid (hyperparathyroidism). Batu oksalat terjadi bila ada gangguan metabolise yang membuat perubahan keseimbangan asam di dalam cairan urin, sehingga asam oksalat berlebihan yang banyak terdapat pada sayur dan buah akan mengendap sebagai garam kalsium oksalat. Sedangkan batu urat terjadi bila ada penyakit gout (asam urat) sehingga asam urat  berlebihan di dalam darah akan mengendap. Infeksi penyakit ginjal mempermudah pembentukan batu karena aliran urin terhambat dan mempengaruhi keseimbangan asam urin. Tidak banyak bergerak, atau terlalu lama istirahat di tempat tidur (misalnya karena sakit), dapat mempertinggi resiko batu ginjal. Faktor resiko lainnya adalah kelainan ginjal bawaan. Batu ginjal dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut dan kronis (bila tidak diobati segera).

Penyebab Batu Saluran Kemih
Penyebab Batu Saluran Kemih

Penyebab Batu Saluran Kemih

Gejala dan tanda penyebab batu saluran kemih seperti dibawah ini :

  1. Terbentuknya batu di dalam kandung kemih yang terlalu besar untuk dibuang bersama urine melalui saluran kemih
  2. Terdapat darah saat berkemih
  3. Kencing terasa sakit
  4. Sering terasa ingin buang air kencing meskipun hanya keluar sedikit.

Faktor penyebab batu saluran kemih adalah :

  1. Dehidrasi menyebabkan air kencing kurang, dan endapan sisa metabolisme tak dapat dikeluarkan
  2. Sering menahan kencing
  3. Faktor keturunan
  4. Infeksi kandung kemih

Batu saluran kemih bermacam-macam. Biasanya batu ini mengandung kapir (calcium) yang berarti di dalam tubuh si penderita mengandung banyak zat kapur. Zat kapur berlebih ini berasal dari makanan yang kaya zat kapur, terutama di daerah berkapur. Pada penduduk dari wlayah berkapur tinggi dan minum air tanah, ditemukan banyak kasus batu saluran kemih, bahkan pada orang yang masih belia. Anak yang berusia lima tahun saja sudah bisa punya batu kandung kemih sebesar bola tenis.

Zat kapur yang tinggi di dalam tubuh dapat jadi pengganggu metabolisme zat kapur. Demikian pula bila ada gangguan kelenjar anak gondok, menu tertentu yang membentuk Kristal-kristal di dalam air kemih, dan infeksi saluran kemih, yang semuanya jadi faktor yang memudahkan pembentukan batu kemih. Susu dan keju juga dianggap sebagai biang keladi pembentukan batu kemih pada orang-orang tertentu.

Pencegahan Batu Saluran Kemih

Pencegahan umum pada penderita batu saluran kemih :

  1. Jumlah minum yang cukup (minum 2 liter sehari)
  2. Olahraga
  3. Usahakan berat badan yang ideal
  4. Mengalur jenis makanan yang merata
  5. Terapi infeksi saluran kemih
  6. Kontrol rutin pada dokter urologi.

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit batu salurah kemih adalah :

  1. Pemeriksaan anamnesa riwayat dari penyakit
  2. Pemeriksaan fisik si penderita
  3. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan urine, usg ginjal dan juga kandung kemih, memeriksakan foto x-ray, foto polos abdomen atau perut dan uga intraveneous pyelografi.

Penatalaksanaan yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi penyakit batu saluran kemih adalah :

  1. Konservatif
    Hal ini dilakukan jika memang batu saluran kemih terjadi kurang dari 5 mm dan tanpa adanya suatu komplikasi yang terjadi maka sangat diharapkan sekali batu akan keluar dengan sendiri lewat saluran kemih.
  2. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotrispy)
    Hal ini merupakan salah satu tindakan dalam memecahkan batu dari luar tubuh dengan cara menggunakan gelombang kejutl. Tindakan ini biasanya dilakukan pada penyakit batu ginjal dan juga ureter dengan diameter kurang lebihnya 5mm-30 mm dan dengan fungsi ginjal yang masih dalam keadaan baik.
  3. PCNL (Percutaneus Neprholilthotomy)
    Yakni merupakan salah satu prosedur spesialistik yang membutuhkan suatu anestesi atau tindakan pembiusan yang dilakukan dengan umum. Melalui luka yang terjadi pada pinggang dan kurang lebih dengan luka 2 mm. Alat kemudian dimasukkan ke dalam ginjal sampai akan nampak batu. Batu kemudian dipecahkan dengan cara menggunakan gelombang ultrasonik dan juga alat pemecah batu yang lainnya. Kemudian pecahan dari batu ini akan dikeluarkan dari jalur tadi.
  4. URS (Ureteo Renoscopy)
    Yakni adalah prosedur spesialistik yang membutuhkan teknik pembiusan dengan cara menggunakan alat endoskopu yang mempunyai ukuran kurang dari 30 mm yang akan dimasukkan ke dalam salurah kemih ke dalam ureter dan kemudian batu tadi dipecahkan dengan cara menggunakan gelombang pneumatik. Kemudian setelah itu pecahan dari batu tadi akan dikeluarkan dengan bersamaan lewat urine.
  5. Pembedahan atau operasi
    Tindakan konvensional ini dilakukan dengan cara membuat luka operasi dengan cara pembiusan.

Menurut salah satu survei yang dilakukan menunjukkan bahwa di negara Inggris kejadian dari penyakit batu saluran kemih ini meningkat dengan adanya peningkatan dari konsumsi makanan protein hewani. Oleh sebab itu sangat besar sekali suatu kemungkinan dari terjadinya penyakit batu saluran kemih yang lama kelamaan akan semakin membesar resikonya di Indonesia, karena sehubungan dengan adanya suatu perbaikan taraf hidup rakyat.

Penyebab Batu Saluran Kemih

garis

Cara Pemesanan Obat Batu Saluran Kemih

Obat Batu Saluran Kemih Herbal, Alami dan Tradisional Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih

Harga Obat Batu Saluran Kemih

Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal
Produk Obat Batu Saluran Kemih Herbal

Harga Obat Batu Saluran Kemih 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami
Paket Hemat Obat Saluran Kemih Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Batu Saluran Kemih:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan GinGin Obat Batu Saluran Kemih, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa