Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Sariawan Parah

Masalah pada mulut tidak hanya terkait dengan masalah pada gigi saja tetapi masih ada yang lagi gangguan kesehatan yang bisa menyerang mulut seperti sariawan. Sariawan pastinya sudah tidak asing lagi karena hampir setiap orang pernah memiliki sariawan pada mulutnya. Sariawan ini seperti luka yang berada di kulit bagian dalam mulut seperti dinding mulut baik di bagian kanan atau pun kiri, di balik bibir atau pun pada gusi yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Rasa perih ketika terkena makanan atau minuman bisa terjadi karena memiliki sariawan pada mulutnya. Sariawan juga bisa dikenali dengan mudah karena warnanya yang putih atau merah. Sariawan memang bukan gangguan kesehatan yang terlalu parah tetapi jika dialami pun cukup mengganggu juga terlebih ketika makan atau minuman dan juga ketika berbicara. Sebenarnya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya sekitar 3 hari kurang lebih tetapi rasa tidak nyaman yang ingin menyegerakan mengatasi sariawan agar bisa sembuh dengan cepat.

Penyebab Sariawan Parah

Penyebab utama sariawan berasal dari infeksi yang berasal dari jamur yang dikenal dengan Candida albicans. Jamur ini sebenarnya memang jamur yang tinggal di dalam mulut dan tidak menimbulkan masalah namun jamur tersebut bisa berkembang semakin banyak sehingga menyebabkan infeksi pada mulut dan menjadikannya sariawan. Berkembangnya jamur yang menginfeksi mulut ini biasanya pada saat kekebalan tubuh sedang menurun. Selain itu ada juga faktor penyebab sariawan parah lainnya yang perlu diketahui agar bisa mencegahnya. Dibawah ini beberapa penyebab sariawan parah :

  • Penyebab sariawan parah karena kurang nutrisi

Sariawan biasanya muncul secara tiba tiba dan baru disadari karena rasa perih pada mulut karena ada sariawan. Munculnya sariawan secara tiba tiba bisa dialami karena disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi yang berasal dari makan makanan bergizi mengandung vitamin bisa menjadi faktor penyebabnya. Oleh karena itu bisa jadi selama ini kurang makan makanan yang bervitamin yang dibutuhkan oleh tubuh jadi sariawan bisa tumbuh.

  • Penyebab sariawan parah karena kebersihan mulut

Kemunculan sariawan yang meresahkan ini bisa terjadi juga karena disebabkan oleh faktor kebersihan mulut. Di dalam mulut memang sudah ada bakteri yang rentan untuk menginfeksi namun akan lebih rentan apabila keadaan mulut yang kurang bersih dari sisa makanan. Karena kebersihan mulut yang kurang dijaga dengan baik lah yang menjadi faktor pemicu sariawan parah juga dan juga menyebabkan sakit gigi.

  • Penyebab sariawan parah karena menyikat gigi terlalu kuat

Seringkali memiliki sariawan karena ketidaksengajaan yang dilakukan pada saat menggosok gigi. Karena terburu buru maka menggosok gigi terlalu kuat sehingga bisa terbentur gusi atau sudut lain pada mulut yang akan berujung menjadi luka atau sariawan yang terasa perih.

  • Penyebab sariawan parah karena penggunaan gigi palsu

Bukan hanya benturan pada sikat gigi saja yang bisa menjadi penyebab sariawan parah tetapi juga bisa karena benturan gigi palsu. Penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai dengan ukuran gigi asli bisa menyebabkan benturan pada bagian mulut yang akan berujung pada sariawan. Oleh karena itu jika ingin menggunakan gigi palsu sebaiknya ke dokter gigi yang memang spesialis agar di ukur dengan baik gigi yang sesuai dan yang akan digunakan.

  • Penyebab sariawan parah karena efek samping obat

Yang juga bisa menjadi penyebab sariawan parah adalah efek samping obat. Penggunaan obat obatan bisa memicu terjadi sariawan apabila obat yang digunakan memiliki efek samping yang menyebabkan penurunan produksi air liur sehingga menyebabkan mulut lebih kering. Pada saat produksi menurun maka infeksi pada mulut lebih rentan terjadi karena itu menyebabkan bau mulut tidak sedap juga. Kurang minum di luar waktu puasa pun bisa menyebabkan mulut kering dan rentan sariawan.

  • Penyebab sariawan parah karena menderita penyakit tertentu

Ada beberapa orang yang lebih sering mengalami sariawan karena kesehatannya kurang baik jadi sariawan akan lebih sering dialami. Karena menderita penyakit tertentu seperti penyakit kronis yang dialami jangka panjang maka dari itu kesehatan kurang baik seperti menderita penyakit diabetes atau yang parah karena penyakit hiv.

  • Penyebab sariawan parah karena rokok

Dampak dari penggunaan rokok tidak hanya pada paru paru saja tetapi juga pada bagian tubuh yang lain seperti pada bagian mulut karena rokok juga bisa mengganggu kesehatan mulut. Maka dari itu sebaiknya berhenti merokok agar tidak mengganggu kesehatan  mulut.

Jika memiliki sariawan sebaiknya tidak perlu khawatir karena masih ada cara mengatasi sariawan agar membaik dengan cepat. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah menjaga kebersihan mulut, sikat gigi dan berkumur agar mulut bersih. Berkumur dengan menggunakan air garam juga bagus untuk mengobati sariawan meskipun bisa terasa perih. Minum air mineral yang cukup agar mulut tidak kering dan makan banyak buah buahan yang mengandung vitamin c atau madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga tubuh akan menyembuhkan sariawan dengan sendirinya. Cegah sariawan dengan menjaga kebersihan mulut dan makan makanan yang sehat. (By:RM)

Penyebab Sariawan Parah

Cara Pemesanan Obat Sariawan Alami

Mengatasi Sariawan & Panas Dalam Serta Merevitalisasi Sel-Sel Tubuh Yang Rusak

Harga Obat Sariawan Alami

Obat Sariawan Alami

Harga Obat Sariawan 1 botol = Rp.115.000,-/botol

Cara Pemesanan Obat Sariawan :

SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Super Green Plus Obat Sariawan, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )