Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sakit Telinga Bagian Dalam

Penyebab dari sakit telinga bisa diakibatkan karena infeksi yang terjadi di salah satu bagian telinga, tetapi ada beberapa kondisi yang lainnya yang bisa menyebabkan telinga menjadi sakit atau membuat rasa tidak nyaman. Anatomi telinga yang terdiri dari 3 bagian yang utama yakni adalah bagian tengah, luar serta dalam. Dan semuanya mempunyai fungsi serta peran masing-masing supaya pendengaran Anda bisa bekerja lebih baik. gangguan yang terjadi di salah satu bagian akan membuat pendengaran Anda menjadi terganggu. Dan jika gangguan yang terjadi pada bagian dalam, maka hal ini bisa beresiko menyebabkan gangguan keseimbangan.

Sakit Telinga Bagian Dalam

Sakit Telinga Bagian Dalam
Sakit Telinga Bagian Dalam

Dibawah ini adalah penyebab sakit telinga bagian dalam adalah :

  1. Glue ear atau penumpukan cairan didalam telinga yang berada pada sisi dalam gendang telinga. Dan biasanya hal ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada usia dewasa.
  2. Infeksi atau bentuk peradangan yang terjadi di saluran teinga bagian luar atau otitis eksterna.
  3. Bisul atau munculnya folikel rambut yang mengalami infeksi di liang telinga.
  4. Cedera serta iritasi di liang telinga yang penyebabnya adalah akibat benda-benda yang masuk ke dalam telinga, misalnya adalah seperti cotton bud atau juga akibat benda tajam.
  5. Sumbatan yang terjadi di liang telinga karena adanya penumpukan dari kotoran atau tahi telinga serta benda asing yang terjebak didalamnya.
  6. Infeksi tenggorokan, dan salah satunya adalah radang amandel atau tonsilitis, serta sakit pilek yang bisa mempengaruhi telinga Anda.
  7. Penyakit eksim yang menyerang kulit liang telinga.
  8. Nyeri rahang
  9. Abses pada gusi
  10. Trigenminal neuralgia atau nyeri pada saraf wajah

Sakit telinga bagian dalam yang diakibatkan oleh adanya penumpukan cairan didalam telinga. Dan tekanan yang dimilikinya akan membuat bagian-bagian didalam telinga dalam akan tertekan dan pada akhirnya menjadi sensitif sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada telinga, serta menimbulkan beberapa gangguan pada pendengaran. Glue ear sendiri biasanya lebih sering dialami oleh masa anak-anak daripada usia dewasa. Selain itu, dokter juga mendiagnosis sakit telinga bagian dalam ini dari gejala dan juga riwayat kesehatan. Namun kondisi seperti ini biasanya bisa hilang sendiri.

Sakit telinga bagian dalam akibat terjadinya infeksi juga bisa terjadi. Hal ini bisa menyerang usia kanak-kanak. Namun untuk usia kanak kanak biasanya akan menyerang infeksi bagian telinga luar dan akan mempengarui saluran telinga mereka. Saluran telinga bisa meradang dan akan menimbulkan rasa sakit, kadang juga akan terlihat liang telinga yang membengkakan sehingga seperti seolah olah tertutup. Dan infeksi yang berbentuk bisul yang bisa terlihat pada liang telinga akan menimbulkan rasa sakit. Seperti bisul yang umum terjadi, bisul pada telinga juga dapat pecah, dan pada akhirnya akan mengeluarkan nanah serta bisa sembuh sendiri selama beberapa hari. Namun, jika Anda merasakan sakit telinga bagian dalam dan merasa tidak nyaman, maka segera lakukan pengobatan ke dokter. Dan dokter mungkin akan melakukan tindakan untuk mengeluarkan nanah hingga bersih dengan menggunakan peralatan medis.

Sakit telinga bagian dalam juga bisa diakibatkan karena cedera pada telinga bagian dalam. Dan misalnya karena terjadinya gesekan antara cotton bud saat sedang membersihkan kotoran telinga dengan berlebihan, atau juga disaat Anda sedang menggunakan cotton bud maka tangan terdorong masuk sampai ke dalam telinga, dan yang berbahaya adalah jika hingga membuat gendang telinga Anda menjadi bocor atau juga pecah.

Selain itu, sakit telinga bagian dalam dapat terjadi karena kotoran telinga yang menumpuk. Misalnya adalah saat sedang berenang, atau disaat sedang kemasukan air ke dalam telinganya. Dan hal ini bisa saja terjadi disaat kotoran yang menumpuk didalam telinga itu, disaat terkena air maka akan mengembang dan pada akhirnya akan menekan bagian jaringan liang telinga yang sensitif sehingga akan menimbulkan munculnya rasa sakit. Dan jika sakit telinga bagian dalam yang Anda alami adalah akibat kotoran telinga yang menumpuk dan mengeras, maka jangan bersihkan dengan cotton bud. Hal ini justru akan membuat kotoran terdorong jauh ke dalam dan bisa membuat gendang telinga menjadi rusak.

Untuk membantu mengatasi kotoran telinga yang menumpuk, maka dokter biasanya akan merekomendasikan obat tetes telinga supaya bisa membuat kotoran telinga menjadi lunak sehingga bisa keluar dengan alami. tetapi untuk kebanyakan kasus, dokter biasanya membtuhkan tindakan untuk bisa membuang kotoran dengan cara pembilasan pada telinga atau melakukan irigasi dan bisa juga dengan cara mencongkelnya menggunakan alat khusus.

Ada lagi penyebab sakit telinga bagian dalam, yakni karena infeksi tenggorokan. Jika telinga Anda terasa sakit disaat Anda sedang mengalami radan tenggorokan, apalagi disaat sedang menelan, maka kemungkinan yang terjadi adalah sakit telinga bagian dalam yang Anda alami adalah akibat amandel atau tonsilitis atau juga akbat quincy atau abses yang terjadi dibagian belakang tenggorokan.

Itulah informasi mengenai sakit telinga bagian dalam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Sakit Telinga Bagian Dalam

Cara Pemesanan Obat sakit Telinga Alami
Mengatasi Berbagai Gangguan Sakit Telinga dan Membantu Menormalkan Pendengaran

Obat Sakit Telinga

Obat Sakit Telinga THM 3 botol @ 12ml = Harga Rp.115.000/3 botol

Cara Pemesanan Obat Sakit Telinga: SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Tetes Telinga THM, Jumlah Botol (Minimal order 3 botol), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk Menentukan Ongkos Kirim)