Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sakit Telinga Pada Anak Balita

Sakit telinga pada anak balita jangan disepelekan atau dianggap enteng. Karena usia mereka merupakan usia yang rawan terkena penyakit telinga. Perlu melakukan penanganan yang tepat agar sakit telinganya tidak berlanjut. Jika anak Anda menderita sakit telinga, maka cara mengatasinya adalah dengan memberikan ASI selama mungkin. Suatu penelitian menyebutkan bahwa anak yang biasanya diberikan ASI akan sedikit mengalami resiko infeksi telinga.

 Sakit Telinga Pada Anak Balita
Sakit Telinga Pada Anak Balita

Salah satu jenis sakit telinga pada balita adalah radang telinga tengah. Biasanya sekitar 50 persen dari usia balita, paling tidak mereka pernah mengalami hal ini 1 kali dalam rentang 1 tahun pertama mereka. Penyebab dari masalah radang telinga tengah pada bayi adalah karena saluran penghubungan antara telinga tengah dan juga atap tenggorokannya berdekatan dengan lubang hidung bagian belakang atau yang disebut dengan istilah Eustachius pada anak balita, dan jika masih dalam proses masa pertumbuhan dan perkembangan, maka semua saluran tersebut belum sempurna. Bentuknya akan lebih pendek dan menjadi lebih sempit serta lebih mendatar dibandingkan oleh orang dewasa. Hal ini menyebabkakn saluran tadi sangat mudah mengalami sumbatan, misalnya adalah terjadinya suatu infeksi penyakit telinga dan juga alergi.

Cairan dan pembengkakan yang muncul pada selaput lendir di dalam saluran eustachius tadi akan berlanjut menjadi sakit telinga pada balita yakni radang telinga tengah. Yang dimaksud disini adalah peradangan yang terjadi di saluran eustachius dan juga pada selaput lendir yang ada di ruang telinga bagian tengah mereka, yaitu daerah yang berada pada belakang gendang telinga. Penyebab dari peradangan yang terjadi antara lain adalah karena infeksi yang muncul pada cairan yang bisa menyumbat bagian telinga tengah tadi.

Lalu, gejala apa yang muncul dari sakit telinga pada balita tadi? Radang telinga tengah biasanya akan menunjukkan beberapa gejala seperti :

  1. Sakit telinga
    Hal ini muncul karena cairan yang mengalami penumpukkan di dalam telinga bagian tengah terutama di gendang telinga. Dan biasanya, jika bayi sudah berusia cukup besar merek akan mengeluhkan rasa sakit pada telinganya. Namun, untuk anak yang masih tergolong bayi maka mereka biasanya hanya akan menarik-narik telinga mereka untuk menunjukkan rasa sakit mereka.
  2. Demam tinggi disertai diare.
  3. Penurunan pada selera makan hal ini disebabkan karena disaat mengunyah mereka merasakan sakit disaat menelan. Tidur menjadi tidak nyenyak dan sering terbangun di malam hari karena merasa sakit pada telinganya jika dibawa tidur.
  4. Cairan kental yang keluar dari lubang telinga. Hal ini berarti gendang tellinga robek akibat dari tekanan cairan yang sangat kuar. Dan kemudian kondisi ini akan menghentikan tekanan kuat dari cairan yang ada pada gendang telinga, sehingga menyebabkan rasa sakit yang akan berkurang atau juga bisa hilang.

Harus Anda ketahui bawah radang telinga tengah merupakan suatu penyakit telinga yang terbilang berlangsung sebentar saja. Berlangsung sekitar 2-3 hari saja, dan setelah itu bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya. Namun, jik dalam waktu seminggu atau 10 hari masih belum sembuh  juga sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

Cobalah untuk mengompres telinga mereka dengan kain hangat. Gunakanlah kain yang lembut misalnya adalah flannel. Cobalah perhatikan penyebab dari penyakit alergi si kecil. Alergi bisa saja menjadi penyebab dari terjadinya sakit telinga pada anka balita. Jika keadaan tidak membaik, maka cobalah hubungi dokter.

Sakit telinga pada anak balita bisa disebabkan juga karena infeksi yang terjadi pada telinga dibagian tengah, hal ini disebabkan oleh penyakit lainnya misalnya adalah penyakit campak, penyakit gondongan, atau karena sakit gigi. Gejala dari sakit telinga pada anak balita ini ditandai dengan demam, telinga sakit, dan rasa yang tidak enak pada seluruh tubuh, muntah. Jika sakit telinga ini disebabkan karena gendang telinga yang pecah, maka akan keluar nanah berwarna kuning atau hijau maupun darah.

Terapi yang dilakukan untuk mengatasi sakit telinga pada anak balita cobalah lakukan cara alami seperti dibawah ini :

Ramuan I : Basahi kapas dengan 2 tetes minyak lavender dan kemudian di letakkan di dalam telinga hingga rasa sakitnya hilang.
Ramuan II : menggunakan bahan daun wungu yang segar. Cucilah bersih, kemudian bilas dengan air yang sudah matang, tumbuklah hingga melumat dan peras airnya. Air yang sudah diperas ini dipakai untuk menetesi telinga yang sakit.

Ramuan III : daun inggu segar yang dicuci kemudian dibilas dengan air masak, setelah itu tumbuklah hingga hallus dan peras dengan sepotong kain. Teteskanlah perasan airnya pada telinga yang sakit.

Ramuan IV : herba bandotan dicuci hingga bersih, kemudian tumbuklah hingga halus, peras dan saring airnya, kemudian gunakanlah air perasan ini sebagai obat tetes telinga. Lakukanlah hal ini sebanyak 4 kali sehari. Dan 2 tetes setiap pemakaiannya.

 Sakit Telinga Pada Anak Balita

Cara Pemesanan Obat sakit Telinga Alami
Mengatasi Berbagai Gangguan Sakit Telinga dan Membantu Menormalkan Pendengaran

Obat Sakit Telinga

Obat Sakit Telinga THM 3 botol @ 12ml = Harga Rp.115.000/3 botol

Cara Pemesanan Obat Sakit Telinga: SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Tetes Telinga THM, Jumlah Botol (Minimal order 3 botol), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk Menentukan Ongkos Kirim)