Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tangan Kesemutan

Sebenarnya bukan hanya tangan saja yang bisa mengalami kesemutan, tapi kaki dan kepala pun bisa saja terjadi. Untuk tangan yang kesemutan dapat di rasakan oleh siapa pun baik wanita dan pria serta baik usia muda maupun tua. Bila kesemutan pada tangan di rasakan dalam waktu yang sedikit panjang atau lama itu pasti di akibatkan oleh berbagai macam kondisi medis. Selain berbagai penyakit yang merusak saraf, kesemutan yang di alami waktu lama dapat di sebabkan juga cedera atau efek samping dari obat obatan tertentu.

Tangan Kesemutan

Tangan kesemutan biasanya akan berlangsung cepat yang pemicunya adanya tekanan di tangan Anda. menghilangkan tekanan tersebut, kesemutan akan cepat sembuh. Tapi, untuk menyembuhkan tangan kesemutan yang tak kunjung reda, langkah yang harus di jalani adalah mencari ujung permasalahannya. Tanpa menyembuhkan penyebab utamanya, susah sekali untuk mengobati gangguan ini. untuk mempermudah, beberapa kondisi berikut mungkin menjadi akar dari munculnya tangan kesemutan yang terjadi.

  • Carpal tunnel syndrome (CTS)

Penyebab tangan kesemutan salah satunya adalah CTS atau carpal tunnel syndrome. Masalah ini adalah jenis kerusakan pada saraf yang di akibatkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Salah satu cirinya adalah tangan kesemutan yang di alami pada malah hari, sakitnya di pergelangan tangan, tak ada kekuatan ketikan menggenggam barang atau terjadinya gangguan koordinasi tangan. Penyakit ini dapat di alami sebab trauma yang di picu oleh pekerjaannya yang di jalani dengan terus menerus. Beberapa pekerjaan yang mempunyai risiko mengakibatkan kondisi ini yaitu mereka yang kerap kali memakai tangan untuk mengepak, mengetik dan menulis.

  • Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis yang terjadi pada tangan di akibatkan oleh gejala CTS, termasuk datangnya tangan kesemutan dan pergelangan tangan yang juga mengalami kesemutan. Sensasi tangan kesemutan ini biasanya akan menggangu di malam hari. Gejala lainnya yang akan terjadi dari rheumatoid arthritis di tangan yaitu sendi tangan dan jari-jari yang terasa hangat, bentuk sendi yang cacat dan nyeri serta kaku ketika bangun tidur yang berlangsung lama yang sekitar 1  jam lebih. Sayangnya, dokter mungkin akan mendiagnosis CTS saja, bila Anda tak memberitahukan gejala lain dari rheumatoid arthritis ini.

  • Diabetes

Tangan kesemutan yang sudah kronis bisa di akibatkan dengan adanya gangguan pembuluh darah kecil. Bila pembuluh darah yang rusak yang memasok saraf di jari tangan, akan membuat kesemutan, mati rasa dan rasa sakit. Kondisi ini bisa menimpa orang yang mengalami penyakit diabetes. Sebab tangan yang mati rasa, dapat mengalami terluka tanpa terasa. Sebagaimana kita tahu, luka yang di alami oleh penderita diabetes sulit sekali untuk di obati dan dapat berkembang menjadi gangren.

  • Penyakit yang merusak saraf

Tangan kesemutan dapat di sebabkan pada kerusakan saraf. Saraf yang mengalami kerusakan dapat di rasakan oleh adanya infeksi, cedera dan penggunaan tangan yang berlebihan. Contohnya, bila seseorang dalam pekerjaannya secara teratur mengoperasikan mesin yang bergetar, akan membuat tangannya mengalami kerusakan saraf dan kesemutan. Kondisi ini di katakan sebagai sindrom getaran tangan dan lengan.  Bila kesemutan di alami dalam jangka panjang itu juga bisa di akibatkan oleh penyakit yang membuat sistem saraf mengalami rusak yang bukan terjadi di area tangan saja. rusaknya sistem saraf bisa membuat kesemutan di area tersebut. penyakit ini mempunyai potensi untuk terjadinya penyakit stroke, tumor otak dan multiple sclerosis. Jika masalah ini serius, tapi pada kasusnya jarang sekali terjadi dan biasanya gejalanya tidak hanya kesemutan saja. bila tangan kesehatan yang di rasakan di sertai dengan kejang otot, pusing kepala dan ruam, segeralah untuk melakukan konsultasi pada dokter. Dokter akan menangani Anda sesuai dengan gangguan yang mendasari.

Diagnosis Tangan Kesemutan

Untuk menentukan penyebabnya pada tangan kesemutan dengan pasti, lakukan pemeriksaan pada dokter, selain menjalani anamnesis dan pemeriksaan fisik mungkin perlu juga pemeriksaan penunjang, seperti periksa darah untuk mendeteksi penyakit diabetes kekurangan vitamin, fungsi hati dan ginjal, gangguan metabolik lainnya dan gejala aktivitas sistem kekebalan tubuh yang tidak normal. bila belum ketemu juga mungkin akan di rujuk ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti :

  • Pemeriksaan cairan serebrospinal . ini dapat mengidentifikasi antibodi yang berhubungan dengan neuropati perifer.
  • Pemeriksaan elektromiogram (EMG), uji aktivitas listrik otot
  • Kecepatan konduksi saraf (NCV)
  • Computed tomography (CT)
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)
  • Biopsi Saraf
  • Biopsi kulit untuk melihat ujung serabut saraf

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan

Keberhasilan penyembuhan tangan kesemutan akan bergantung pada diagnosis yang akurat sehingga pengobatan tertuju pada penyebab yang mendasarinya. Sel-sel saraf perifer belum mati, maka masih mempunyai kemampuan untuk regenerasi.

Sebagai contoh pengobatan tangan kesemutan yang sesuai dengan penyebabnya :

  • Gula darah yang terkontrol pada diabetes dapat memperlambat perkembangan neuropati diabetes.
  • Suplemen vitamin dapat memperbaiki neuropati perifer yang disebabkan oleh kekurangan vitamin.

Rekomendasi gaya hidup secara umum :

  • Menjaga berat badan ideal
  • Menghindari paparan racun
  • Mengikuti program latihan secara medis, makan diet seimbang
  • Menghindari atau membatasi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok, karena rokok dapat menyempitkan suplai darah ke pembuluh darah yang menyuplai nutrisi ke saraf perifer. (BY:DA).

Tangan Kesemutan

Cara Pemesanan Obat Kesemutan Propolis

Untuk Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami

Harga Obat Kesemutan Propolis 1 botol isi 6ml = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan Cepat: SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan : Pesan Obat Kesemutan Propolis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap