Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Mencegah Kulit Kering

Kulit kulit merupakan tanda bahwa kulit kurang sehat. karena kulit juga harus di jaga kelembabannya. Kondisi kulit yang kering karena kurangnya asupan cairan pada kulit maka dari itu kulit bisa kering. seluruh kulit bisa kering tetapi bagian yang paling sering biasanya pada bagian tubuh terbuka seperti tangan, kaki, atau bahkan juga pada bagian wajah. dalam istilah medis kulit kering juga dikenal dengan xerosis atau xeroderma. Semua kalangan usia bisa mengalami kekeringan pada kulitnya jika kesehatan kulit dan juga kelembaban kulit tidak di jaga dengan baik.

Kulit kering ini biasanya di tandai dengan rasa tidak nyaman dan pada saat menggores kulit kering dengan kuku akan keluar garis putih. kulit kering bisa menyebabkan kulit seperti bersisik juga dan apabila kulit kering ini terjadi pada kulit kepala akan menjadi ketombe. Yang membuat tidak percaya diri juga jika kulit kering dialami pada bagian wajah karena bisa menyebabkan kulit mudah keriput dan makeup yang digunakan tidak bisa meresap dengan baik sehingga terlihat kurang bagus.

Kulit kering ini bisa dialami karena banyak faktor baik faktor eksternal maupun faktor internal. Maka dari itu perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kulit kering sehingga bisa melakukan tips mencegah kulit kering setelah itu, seperti berikut beberapa pemicu kulit kering :

  • Kulit kering tidak jarang disebabkan oleh kelembaban udara yang rendah atau faktor cuaca. Kondisi cuaca yang panas sehingga penggunaan pendingin ruangan atau AC sering dilakukan maka dari itu kelemebaban udara yang kurang karena menggunakan AC. Oleh karena itu tidak bisa menyebabkan kulit kering.
  • Kulit kering juga bisa dialami karena kebisaan mandi dengan air hangat. Mandi air hangat memang membuat tubuh lebih rileks terlebih jika dilakukan pada saat kondisi dingin. Tidak sedikit orang mandi air panas ketika pulang kerja karena terlalu larut enggan untuk menggunakan air dingin. Maka dari itu efeknya akan menyebabkan kulit kering.
  • Kulit kering bukan hanya dikarenakan mandi air hangat saja tetapi bisa dikarenakan mandi yang terlalu lama. mandi terlalu lama bisa memicu kulit kering karena setelah air menguap maka dari itu efek yang akan dialami oleh penderitanya adalah kulit kering.
  • Kulit kering juga bisa dikarenakan menggosok tubuh secara berlebihan. menggosok kulit ketika mandi agar bersih dari sel kulit mati memang bagus tetapi jika dilakukan setiap hari pun tidak baik karena menyebabkan penipisan kulit dan bisa memicu kulit kering juga.
  • Kulit kering juga bisa dialami karena faktor genetik. Jadi memang ada yang memiliki keturunan dengan kondisi kulit kering jadi menurun pada keluarga yang lain.
  • Kulit kering yang parah bisa dikarenakan adanya penyakit kulit, jadi jika sudah tidak wajar bisa melakukan pemeriksaan agar bisa di pastikan.

Tips Mencegah Kulit Kering

Kulit kering tidak baik untuk kesehatan kulit sebab kulit kering lebih mudah keriput sehingga terlihat kurang bagus terlebih jika dialami pada bagian wajah. namun, tidak perlu khawatir sebab ada tips mencegah kulit kering yang bisa dilakukan agar kulit tetap lembab. Berikut beberapa tips mencegah kulit kering :

  • Tips mencegah kulit kering dengan banyak minum

Kulit kering akibat kurang minum tidak jarang sekali terjadi oleh karena itu tip mencegah kulit kering yaitu bisa perbanyak asupan cairan. Memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak mini air mineral agar membantu menjaga kesehatan kulit sering tidak akan mudah kering. minum 8 gelas dalam satu hari bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

  • Tips mencegah kulit kering dengan makan buah dan sayuran

Tidak hanya banyak minum saja, tips mencegah kulit kering juga dari makanan terutama buah dan juga sayuran. Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. ada kandungan air juga pada makanan sehat ini yang bisa memenuhi kebutuhan cairan kulit juga. oleh karena itu di sarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah setiap harinya agar kulit selalu sehat.

  • Tips mencegah kulit kering dengan melindungi kulit dari panas

Kulit kering biasanya lebih mudah iritasi dan bisa menimbulkan gatal gatal pada kulit jadi tips mencegah kulit kering bisa dengan melindungi kulit dari panas seperti paparan sinar matahari. Sebab paparan sinar matahari ini selain menyebabkan kulit gelap juga menyebabkan kulit kering. menggunakan krim tabir surya dan juga menggunakan pakaian yang menutupi kulit agar tidak terkena paparan secara langsung.

  • Tips mencegah kulit kering dengan body lotion

Penggunaan bodylotion pada kulit juga sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. ada banyak merk produk pelembab kulit yang bisa digunakan agar kulit tidak lagi kering. body lotion pun sama saja dengan obat kulit kering.

  • Tips mencegah kulit kering dengan mengurangi mandi air hangat

Karena salah satu pemicu kulit kering mandi air hangat terlalu sering atau pun mandi terlalu lama maka dari itu tips mencegah kulit kering bisa dengan mengurangi mandi air hangat. Bukan di larang sepenuhnya tetapi jangan terlalu sering. (By:RM)

Tips Mencegah Kulit Kering